Harga Avtur Naik, Maskapai di Solo Kurangi Promo Tiket

19 Okt

avtur

Sejumlah maskapai di Solo mulai mengurangi volume penawaran tiket promo dengan harga murah seiring makin tingginya harga avtur lantaran pelemahan nilai tukar rupiah yang pada akhirnya memaksa mereka memutar otak.

Seperti diutarakan Sales Representative Sriwijaya Air District Solo, Nur Sapto Siwi seat load factor (SLF) alias keterisian penumpang Sriwijaya Air saat ini sebenarnya masih bisa dipertahankan tinggi, di mana dalam sekali penerbangan, rata-rata 90 persen kursi terisi.

“Hanya saja, penumpang pada periode awal kuartal IV tahun ini tidak terlalu ramai. Akibatnya, maskapai tidak bisa memasang harga tinggi dalam penjualan tiket. Kalau SLF sebenarnya masih bisa tinggi, tapi pendapatan tidak sebagus saat peak season,” ungkap dia, seperti dilansir Suara Merdeka.

Dengan harga bahan bakar pesawat terus tinggi, Sriwijaya kemudian memilih mengurangi volume penawaran tiket promo ke penumpang. Jika biasanya tiket promo dibuka mulai harga Rp 361.000, kini naik di angka Rp 415.000 dan penawaran promo murah ini juga hanya dibuka jika kondisi penumpang benar-benar sepi.

“Bulan ini, sepertinya penumpang akan biasa saja. Tidak terlalu tinggi atau rendah. Karena itu, kami juga hanya menjalankan tiga kali penerbangan pada Jumat dan Minggu. Di luar hari tersebut, kami hanya mengoperasikan penerbangan dua kali sehari,” katanya.

Di lain pihak, Branch Manager Kalstar Aviation, M Ridwan menyebut, biaya operasional memang makin berat seiring harga avtur yang tinggi. Kendati demikian, saat ini maskapai belum bisa melakukan langkah penyesuaian terhadap harga avtur.“Pemerintah memang sudah mengumumkan akan menaikkan tarif batas atas tiket pesawat sebesar 10 persen. Namun perusahaan masih menunggu kepastian keputusan tersebut. Mungkin baru bisa diterapkan setelah pelantikan presiden baru,” ujarnya.

Sementara itu, Station Manager Lion Air Solo, Leo Kartiko menyebut, tingginya harga avtur saat ini masih bisa diantisipasi dengan baik, terutama oleh kantor pusat. Karena itu, maskapai masih percaya diri melepas tiket promo seperti biasa. Lion menawarkan tiket promo mulai Rp 300.000-an.

indo-aviation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: