Virgin Australia Akuisisi Penuh Saham Tigerair Australia

20 Okt

virgin

Virgin Australia yang sudah memiliki 60 persen saham di maskapai penerbangan Tigerair Australia, mengambil alih secara penuh sisa saham sebesar 40 persen pada maskapai penerbangan tersebut yang dimiliki oleh Tiger Airways Holdings Limited dengan harga hanya AU$ 1 atau setara dengan Rp 10.568 per lembar saham.

Pada tahun lalu Virgin Australia telah membeli 60 persen saham Tigerair Australia dari Tiger Airways Holdings Limited dengan harga AU$ 35 juta, sehingga untuk sisa saham sebesar 40 persen ini Virgin Australia memiliki daya tawar untuk membelinya dengan harga yang murah.

Chief Executive Officer Virgin Australia John Borghetti mengatakan bahwa dengan akuisis penuh ini pihaknya akan menggunakan Tigerair Australia untuk melayani rute-rute penerbangan internasional jarak pendek seperti ke Bali, Fiji, dan Selandia Baru, serta mendapatkan peluang pertumbuhan bisnis dan mendorong tingkat keuntungan.

Borghetti menuturkan, Tigerair Australia bisa mendapatkan keuntungan di akhir tahun 2016. Dengan kontrol penuh, Tigerair Australia bisa terintegrasi dengan operasi Virgin Australia. Tigerair Australia sebagai anak usaha Virgin Australia juga bisa mendapatkan akses ruang kantor dan kontrak suplai dari Virgin Australia.

Sementara itu, Tiger Airways Holdings Limited (Singapura) kembali melepas sahamnya kepada Singapore Airlines. Maskapai penerbangan nasional Singapura itu awalnya memiliki saham sebesar 40 persen di Tiger Airways, tapi kini jumlahnya sudah meningkat menjadi 55 persen. Bahkan Singapore Airlines berpeluang meningkatkan sahamnya di Tiger Airways menjadi 71 persen melalui pembelian saham yang dilepas oleh Tiger Airways dalam aksi korporasi right issue.

indo-aviation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: