‘Beluga XL’, Pesawat Super Transporter Airbus Berbasis A330

23 Nov

biggest- plane-31

Pesawat A300-600ST (Super Transporter) memiliki bentuk yang berbeda dari pesawat-pesawat lainnya, kenampakannya mirip paus putih Artik atau Beluga, sehingga memiliki nama komersial “Pesawat Airbus Beluga”. Pesawat ini terbang perdana pada tahun 1994, adalah versi pesawat berbadan besar standar A300-600 yang dimodifikasi untuk mengangkut bagian-bagian perlengkapan pesawat terbang dan kargo yang kelebihan beban. Hingga saat ini, ada lima pesawat Beluga yang dioperasikan oleh Airbus.

Dilansir oleh airbus.com, Senin (17/11/14) lalu, Airbus mengumumkan akan mengembangkan dan memproduksi lima Pesawat Beluga baru, yang disebut Beluga XL. Pesawat kargo ini nantinya akan berbasis pesawat A330 dengan komponen dan equipment yang sama seperti sebelumnya. Airbus mengaku bagian kokpit, tempat penyimpanan kargo (bagian punuknya), dan bagian sirip belakang dari model Airbus XL akan dikembangkan dan sedikit berbeda dari Beluga yang ada saat ini.

Sejak penerbangan perdananya, Pesawat A300-600ST nyaris non stop setiap hari mengirim komponen perakitan pesawat. Ukuran dinding kargo pesawat yakni 7,1 meter, daya angkut hingga 47 ton, dan rentang penerbangan 1500 mil laut, dikutip dari pikiran-rakyat.com.

Airbus terus meningkatkan pengiriman pesawatnya. Perusahaan ini menjadi lebih global, memperbanyak basis pemasok, dan membangun pabrik perakitan di Cina dan Alabama – diluar kemampuan terbang Beluga.

Sebelum mengusungkan rencana pembuatan Beluga XL, Airbus memiliki proyek “Fly 10,000″ untuk menangani peningkatan beban kerja. Program ini bertujuan untuk mengoptimalisasi infrastruktur logistik perusahaan dengan menambah pekerjaan pengiriman sampai 10.000 jam per tahun pada tahun 2017, terkait dimulainya produksi dari A350 XWB pada 2012 dan mempercepat produksi program Airbus lainnya.

Dengan pesanan pesawat tertinggi sepanjang sejarah, namun, Airbus tidak dapat mempertaruhkan rangkaian pengiriman logistik vitalnya pada kesiapan lima pesawat yang sudah menua.

Belum ada keputusan yang dibuat sampai Airbus mengusungkan rencana Beluga XL. Diharapkan Beluga XL mempunyai kemampuan terbang lebih jauh dan dapat membawa beban lebih berat, tapi masih dapat mendarat di bandara yang mempunyai landasan relatif pendek, seperti yang ada di Broughton, Wales, dimana Airbus membuat sayap untuk pesawatnya. Selain itu, generasi terbaru Beluga ini diharapkan dapat membuat Airbus meningkatkan penerbangan kargonya menjadi 120 penerbangan tiap minggu.

Beluga XL pertama direncanakan akan memulai operasinya pada pertengah 2019. Armada Beluga yang ada saat ini akan dioperasikan secara bersamaan dan akan dipensiunkan pada 2025.

beritatrans.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: