AirAsia Surabaya-Singapura hindari awan sebelum hilang kontak

28 Des

airasia

Pemerintah telah menggelar jumpa pers terkait kronologi hilangnya pesawat Indonesia AirAsia nomor penerbangan QZ8501 pagi tadi. Detik-detik sebelum hilang kontak, Pilot Kapten Irianto meminta izin pesawat melewati rute yang tidak normal akibat cuaca buruk.

Hal ini disampaikan Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo saat jumpa pers di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Minggu (28/12).Air Traffic Controller (ATC) di Bandara Djuanda mengatakan hingga pukul 06.10 WIB, pesawat masih berada di ketinggian 32 ribu kaki, dan melewati jalur M635.

Baru kemudian ketika AirAsia melewati wilayah ATC Jakarta, pilot menghubungi otoritas di Soekarno-Hatta pada 06.12 WIB. Ada cuaca buruk sehingga idealnya harus keluar jalur normal.”Pesawat kontak ATC dan di radar ada masalah, pada saat kontak pesawat menyatakan menghindari awan dari arah 35, meminta naik ke ketinggian 38 ribu kaki,” kata Djoko.

Lima menit kemudian, atau tepatnya pada pukul 06.17 WIB pesawat hanya tampak sinyal di antara Tanjung Pandan-Pontianak.”Lalu 06.18 WIB hilang dari radar hanya terlihat flight plan saja. Jadi pesawat itu ada rencana terbang ke mana, realisasinya juga ada sampai mana. realisasinya itu yang hilang,” ungkap Djoko.

Pemerintah memastikan bahwa pesawat AirAsia yang mengudara berada dalam kondisi prima. Hanya saja, Djoko mengakui kondisi cuaca di sekitar lokasi hilangnya pesawat buruk. “Pesawat jelas baik, cuaca jelas sedang tidak baik. Makanya pilot minta left take,” tandasnya.

Karena hilang kontak, maka tindakan ATC sesuai prosedur menyatakan tahap awal pesawat hilang kontak 07.00 WIB, 50 menit setelah dicari. Hingga saat ini tim SAR dan Basarnas masih terus melakukan pencarian.
AirAsia juga mengeluarkan nomor darurat agar keluarga dan kerabat dapat memperoleh informasi tentang hilangnya pesawat tersebut, yaitu 021-29270811.

sumber : merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: